Loading

Cara Daftar Feedburner

Bagian yang tidak boleh dilewatkan dalam tahap-tahap agar blog kita cepat dikenal orang, salah satunya adalah dengan mendaftarkan blog kita ke Feedburner. Tapi sebelum saya kasih tau cara daftar feedburner, sudahkah anda tahu apa itu feedburner?
Michael Webster pernah menulis di blognya "Feedburner is an excellent way to publicize your blogsite and has many useful tools to make easier for people to access. To top it off, the customer and technical assistance they provide is absolutely top-notch.
Kalau ada yang nggak ngerti tanyain aja ke kang Google Translate, soalnya saya juga begitu hehe...
Feedburner adalah salah satu “Layanan Gratis” penyedia jasa media publikasi dan audience. Layanannya berupa penyebaran content Blog dan RSS Feeds, yang memungkinkan untuk berpromosi baik secara komersil ataupun menambah profit dalam berbisnis melalui internet. Atau “sekedar” ingin mengenalkan blog Anda agar “go international” dan menambah pembaca dari seluruh dunia.
Kalau yang itu adalah versi dari mas Hakimtea. Kalau versi saya kurang lebih seperti itu juga, hehe... Gak usah panjang lebar lagi, nanti keburu pegel tangannya malah gak jadi lagi. Berikut adalah langkah-langkah untuk daftar feedburner :

1. Langkah pertama adalah Daftar. Klik disini untuk daftar.

2. Klik tulisan Create an account.

3. Silahkan isi form yang tersedia.
  • Email - isi dengan email asli punya anda. contoh : astahiam@gubalgabel.com
  • Password - isi dengan password yang diinginkan. contoh : borokokok
  • Password (again) - isikan kembali password yang tadi di tulis
  • Location - pilih indonesia, kalau anda memang berada di indonesia.
  • Birthday - isi dengan dengan tanggal/bulan tahun anda lahir. Contoh : 09/09/1999
  • Verification - isi sesuai denga kata yang tertera di atas kolom isian.
  • TOS - silahkan dibaca, tapi nggak dibaca juga nggak apa-apa yang penting anda setuju.
  • Klik tombol Create my account

4. Isi kotak di bawah tulisan Burn a feed right this instant dengan "http://bloggintoel/feeds/posts/default". (Ganti kata bloggintoel dengan alamat blog anda).

5. Beri tanda pada radio button, kemudian klik tombol Next.

6. Beri tanda centang pada kotak di samping tulisan Clickthroughs dan I want more ! have FeedBurner stats PRO also track

7. Klik tombol Next.

8. Sekarang silahkan setting, biasanya saya tidak setting semuanya, hanya beberapa saja. caranya :

  • Klik tab Optimize, yang paling penting adalah anda harus mengaftifkan fitur SmartFeed, karena fitur ini berfungsi agar fungsi dari feed kita kompatibel dengan berbagai feed reader yang ada
  • Klik SmartFeed, kemudian klik tombol Activate
  • Sekarang klik tab Publicize, silahkan pilih fitur yang anda inginkan, tapi yang sering digunakan ada dua yaitu tool "Email Subscriptions" dan tool "feedCount".
  • Email Subscriptions adalah tool yang menawarkan jasa berlangganan via email pada pengunjung blog Anda. Caranya klik Email Subscriptions, kemudian klik Activate. Copy kode HTML pada text area dan paste di widget blog anda.
  • FeedCount adalah sebuah widget untuk menunjukkan kepada pengunjung blog Anda sudah berapa banyak pembaca blog Anda yang berlangganan; baik melalui feed ataupun via email. Caranya klik FeedCount, kemudian pilih bentuk style dari feedcount, yang biasa atau yang animasi, beri tanda pada radio button di sampingnya. Klik tombol Active. Copy kode HTML pada text area dan paste di widget blog anda.
Selesai deh. Tapi masih ada yang harus disempurnakan, karena feedburner sekarang sudah diakuisi oleh Google, maka untuk feed blogger bisa dialihkan ke feedburner. Caranya :

1. Masuk ke blogger
2. Klik menu Pengaturan
3. Klik Feed Situs
4. Di sebelah tulisan Ijinkan Feed Blog, pilih yang Penuh
5. Simpan alamat feed dari feedburner pada kotak di samping tulisan posting URL Pengubahan Arah Feed. Contoh alamat feed dari feed burner : http://feeds.feedburner.com/bloggintoel
6. Apabila anda mempunyai account google adsense, anda bisa menyimpan kode iklan google adsense anda pada kotak di samping tulisan Feed Item Footer
7. Klik tombol Simpan Pengaturan
8. Selesai.

Sekarang asli sudah selesai, dan kalau anda masih ingin setting yag lainnya silahkan otak atik sendiri aja yah. atau anda bisa kunjungi blog mas Hakimtea atau Kang Rohman tentang daftar Feedburner.

Semoga postingan ini bermanfaat dan semoga pengunjung blog anda ramai, termasuk juga saya. Karena saya juga Newby nih jadi masih meraba-raba.
StumbleDeliciousTechnoratiTwitterFacebookReddit

2 comments:

M Iqbal Akbar said...

Keren postingannya^. Link sobat dah saya pasang balik dengan ancor text Bloggin Toel, silahkan dilihat di: Free Link Exchange. Jangan lupa Follow, ikuti perkembangan tutorialnya...

blogdunia said...

terima kasih sobat telah berkunjung

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan tulis alamat email anda pada form di bawah ini, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Bloggin Toel.